BARUS SEHARUSNYA JADI CAGAR BUDAYA

04 April 2014

2015 Bendungan Sitakkurak Tapteng Dibangun

Jakarta (SIB) - Bendungan Sitakkurak, Tapanuli Tengah akan dibangun tahun 2015. Demikian disampaikan anggota DPD RI Parlindungan Purba usai melakukan audiensi di Direktorat Jenderal Sumberdaya Air Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta, Selasa (1/4).

Audiensi tersebut turut dihadiri  Kepala Bappeda Tapanuli Tengah  Basyri Nasution, Kadis PU Tapanuli Tengah Jhonson Pasaribu dan diterima pejabat Ditjen Sumberdaya Air Kementerian PU, Andi Sudirman, Yudi dan Manimpan Pasaribu.

Pada kesempatan tersebut Parlindungan Purba menyampaikan  usulan pembangunan bendungan dan  infrastruktur pertanian daerah irigasi Sitakkupak, Tapteng sebagaimana hasil penyerapan aspirasi masyarakat di kabupaten tersebut baru-baru ini.

Disebutkan, Tapanuli Tengah memiliki 49 daerah irigasi dengan luas 15.729 hektar yang tersebar di 20 kecamatan. Bila lahan yang dilintasi sungai seluas 800 hektar dapat ditata dengan adanya irigasi dan bendungan tersebut, maka akan mengurangi pengalihan fungsi lahan menjadi sawit dan karet. Hal ini akan menjaga ketahanan pangan karena daerah tersebut merupakan lumbung beras dan peningkatan produktivitas pertanian. Selain itu fungsi bendungan tersebut untuk menghindari terjadinya banjir yang sewaktu-waktu menimpa masyarakat di sekitar bantaran sungai.

Menanggapi hal tersebut,  pejabat Ditjen SDA Kementerian PU Andi Sudirman mengatakan, usulan pembangunan Bendungan Sitakkurak sudah masuk dalam Daftar Usulan Pembangunan dan akan segera dibangun tahun 2015.

Dia juga mengharapkan kerjasama dari pemerintah daerah untuk turut mendukung dalam hal teknis seperti pembebasan lahan agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar.

Kepala Bappeda Tapanuli Tengah Basyri Nasution yang mewakili Bupati Raja Bonaran Situmeang menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih atas pertemuan tersebut dan memberikan jaminan pembebasan lahan akan dilakukan Pemkab  Tapanuli Tengah, serta menjamin keamanan pelaksanaan pembangunan.

Selain itu, akan dilakukan nota kesepahaman (Memorandum Of Understanding) antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemkab Tapanuli Tengah perihal pembangunan Bendungan Sitakkurak ini.

Parlindungan juga menyampaikan atensi  Ketua DPD RI H Irman Gusman SE MBA terkait permasalahan bencana banjir bandang yang terjadi di  Tapanuli Tengah dan mendukung upaya pembangunan Bendungan Sitakkurak. (Rel/R5/h)

No comments:

Post a Comment